Text
Pengaruh konsep diri dan harga diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Prodi Kependidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Jasmine Risky Ramadhani. 8105132098. Pengaruh Konsep Diri dan Harga Diri terhadap Prokrastinasi Akademik. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Tahun 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan anara konsep diri dan harga diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa prodi kependidikan di Fakultas Ekonomi 2017. Peneitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi UNJ angkatan 2016 dengan populasi terjangkau mahasiswa prodi kependidikan sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 167 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas, dan uji linearitas, uji asumsi klasik uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang didapakan, diketahui terdapa pengaruh yang parsial antara konsep diri dan prokrastinasi akademik. Dapat dilihat dari hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar –5,331 < ttabel sebesar 1,654. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara harga diri dan prokrastinasi akademik. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung -3,218 dengan nilai ttabel 1,654. Konsep diri dan harga diri secara bersamaan berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik, hal ini terliha dari hasil data yang menunjukkan nilai Fhitung 19,672 > Ftabel 3,05. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 113,584 – 0,839X1 – 0,623X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0.193 yang artinya Konsep Diri (X1) dan Harga Diri (X2) berpengaruh terhadap Prokrastinasi Akademik (Y) sebesar 19,3%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara konsep diri, dan harga diri terhadap prokrastinasi akademik.
Kata Kunci : Harga Diri, Konsep Diri, Prokrastinasi Akademik Bibliografi : lembar 108-110
SS00013506 | SK 13506 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain