Text
Pengaruh kemampuan literasi informasi guru terhadap metode pengajaran yang digunakan
Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Guru Terhadap Metode Pengajaran Yang Digunakan
Yuni Hermiyati Eka Putri
Skripsi
Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi,
Universitas Negeri Jakarta
2017
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi informasi guru terhadap metode pengajaran yang digunakan. Pendeketan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi logistik multinominal.
Metode pengajaran diukur dengan skala Teaching Methods Inventory yang dibuat oleh Martin Coffey dan Graham Gibbs tahun 2002 dengan reliabilitas sebesar 0,98. Sementara skala literasi informasi diadaptasi dari Tisa Lina Putri tahun 2013 dengan reliabilitas 0,94. Responden dalam penelitian ini adalah Guru SMA di DKI Jakarta yang menggunakan kurikulum 2013 sebanyak 100 orang.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh taraf signifikan sebesar 0,122 dan 0,095 (p>0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan kemampuan literasi informasi guru terhadap metode pengajaran yang digunakan.
Kata kunci: Literasi Informasi, Metode Pengajaran, Guru
Bibliografi : lembar 62-68
SS00013540 | SK 13540 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain