Text
Perbedaan work-family conflict pada guru ditinjau dari status pernikahan
HETTY LUKITASARI
PERBEDAAN WORK-FAMILY CONFLICT PADA GURU DITINJAU DARI STATUS PERNIKAHAN
Skripsi
Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi,
Universitas Negeri Jakarta
(2017)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan work-family conflict pada guru dintinjau dari status pernikahan (belum menikah, menikah, dan bercerai). Responden pada penelitian ini berjumlah 138 orang dengan masing-masing 46 responden untuk setiap status pernikahan. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis sampling cluster. Analisis data menggunakan Analisis Varians Satu Jalur dan uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan model Rasch melalui software winsteps versi 3.73 yang kemudian diolah menggunakan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukan nilai F hitung = 3,953 > 3,06 ; p = 0,021 < 0,05. Berdasarkan kedua hal tersebut, maka Ho: ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan yang signifikan work-family conflict pada guru ditinjau dari status pernikahan.
Kata Kunci: Work-family conflict, Guru, Status Pernikahan
Bibliografi : lembar 58-60
SS00013545 | SK 13545 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain