Text
Pengaruh empati terhadap kinerja Guru Sekolah Luar Biasa
TIARA ARMAYANTI
PENGARUH EMPATI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH LUAR BIASA
SKRIPSI
JAKARTA: FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
2017
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh empati terhadap kinerja guru Sekolah Luar Biasa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengukuran Empati menggunakan alat ukur yang di adaptasi dari The QCAE (a Questionnaire of Cognitive and Affective Emphaty) dan pengukuran Kinerja Guru menggunakan alat ukur pengembangan dari Penilaian Kinerja Guru. Prosedur teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 81 responden yang merupakan guru Sekolah Luar Biasa di wilayah Jakarta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa F-hitung = 10,214 > F- tabel = 3,94 ; p = 0,002 < α = 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara empati terhadap kinerja guru sekolah luar biasa. Pengaruh empati terhadap kinerja guru yang dihasilkan sebesar 11,4%.
Kata Kunci : Empati, Kinerja Guru, Sekolah Luar Biasa
Bibliografi : lembar 69-71
SS00013547 | SK 13547 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain