Text
Pengaruh efikasi guru terhadap sikap guru terhadap pendidikan inklusif di SD Negeri inklusif di Jakarta
HUSNA ZADAT BILLAH
PENGARUH EFIKASI GURU TERHADAP SIKAP GURU TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI INKLUSIF DI JAKARTA
SKRIPSI
Jakarta: Program Studi Psikologi
Fakultas Pendidikan Psikologi
Universitas Negeri Jakarta
(2017)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi guru terhadap sikap guru terhadap pendidikan inklusif. Variabel yang diteliti adalah efikasi guru sebagai variabel bebas (X) dan sikap guru terhadap pendidikan inklusif sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster sampling. Partisipan dalam penelitian ini adalah 164 guru yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri Inklusif di Jakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengukur efikasi guru adalah Teacher Efficacy for Inclusive Practice (TEIP) serta Multidimensional Attitudes toward Inclusive Education Scale (MATIES) yang digunakan untuk mengukur sikap guru terhadap pendidikan inklusif. Metode pengolahan analisis data dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi guru terhadap sikap guru terhadap pendidikan inklusif (p < α ; 0,002 < 0,05), dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,05 (5%).
Kata kunci: efikasi guru, sikap guru terhadap pendidikan inklusif, pendidikan inklusif
Bibliografi : lembar 90-93
SS00013539 | SK 13539 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain