Text
Hubungan antara identitas profesional guru dengan kesejahteraan psikologis pada Guru Sekolah Dasar
KARINA A.H. PUTRI
HUBUNGAN ANTARA IDENTITAS PROFESIONAL GURU DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI PADA GURU SEKOLAH DASAR
SKRIPSI
Jakarta :
Program Studi Psikologi
Fakultas Pendidikan Psikologi
Universitas Negeri Jakarta
2017
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara identitas profesional guru dengan kesejahteraan psikologis pada guru sekolah dasar di Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel guru sekolah dasar di Jakarta Timur berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Instrument yang digunakan merupakan adaptasi dari Ryff’s Psychological Well-Being Scale dan Post Secondary Teacher’s Professional Identity Scale. Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah uji korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh r = 0,400; p = 0,00 < 0,05 (signifikan). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara identitas profesional guru dengan kesejahteraan psikologis. Artinya, jika tingkat identitas profesional guru tinggi maka tingkat kesejahteraan psikologis pada guru sekolah dasar pun jugs tinggi.
Kata kunci : identias profesional guru, kesejahteraan psikologis, guru sekolah dasar
Bibliografi : lembar 68-71
SS00013535 | SK 13535 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain