Text
Pengaruh persepsi dukungan sosial terhadap subjective well-being pada guru honorer Sekolah Dasar Negeri di Jakarta Utara
PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU HONORER SEKOLAH DASAR NEGERI DI DAERAH JAKARTA UTARA
2017
PUSPA IRMANDARI KURNIA
Skripsi
Jakarta: Program Studi Pendidikan Psikologi
Fakultas Pendidikan Psikologi
Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan sosial terhadap subjective well-being pada guru honorer sekolah dasar negeri di Jakarta Utara.
Teknik sampling insidental digunakan dalam pengumpulan data, dengan sampel sebanyak 135 orang guru honorer sekolah dasar di Jakarta Utara. Multidimensional Scale Perceived Social Support (MSPSS) digunakan untuk mengukur variabel persepsi dukungan sosial, sementara Satisfaction With Life Scale (SWLS) dan Scale of Positive and Negative Experience (SPANE) digunakan untuk mengukur variabel subjective well-being.
Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa persepsi dukungan sosial memberikan pengaruh sebanyak 5,4%. Dengan pengaruh yang dihasilkan bersifat positif, artinya semakin tinggi persepsi dukungan sosial guru honorer sekolah dasar maka semakin tinggi pula subjective well-being pada guru honorer sekolah dasar di Jakarta Utara dan begitupun sebaliknya.
Kata kunci : Persepsi dukungan sosial, subjective well-being, guru honorer
Bibliografi : lembar 69-73
SS00013534 | SK 13534 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain