Text
Pengaruh karakteristik kepribadian terhadap kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri
FLORENCIA NELCI PULU
PENGARUH KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI
SKRIPSI
Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi
Universitas Negeri Jakarta
2017
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban mengenai pengaruh karakteristik kepribadian terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri. Pendekatan kuantitatif dan metode kuesioner dalam penelitian ini.
Peneliti menggunakan instrumen yang diadaptasi dan dikembangkan yaitu Kinerja Guru untuk variabel kinerja guru dan menggunakan instrumen yang diadopsi yaitu Big Five Inventory (BFI) untuk variabel karakteristik kepribadian. Sampel terdiri dari 101 guru sekolah dasar negeri yang ada di wilayah DKI Jakarta.
Hasil penelitian diuji dengan menggunakan analisis ganda linier. Hasil data yang ditemukan adalah adanya pengaruh yang signifikan pada karakteristik kepribadian dengan kelima dimensi (openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticsm) terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri. Dan variabel karakteristik kepribadian berkontribusi sebesar 12,4 %. Hasil sumbangan relatif tertinggi adalah karakteristik kepribadian extraversion sebesar 52,7%, dan hasil sumbangan relatif terendah adalah karakteristik kepribadian neuroticsm sebesar 1,5%.
Kata Kunci : Karakteristik Kepribadian, Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, Neuroticsm, Kinerja Guru
Bibliuografi : lembar 76-80
SS00013533 | SK 13533 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain