Text
Hubungan antara kreativitas dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X di SMK Negeri 62 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat untuk memperoleh data empiris dan fakta-fakta yang tepat, sahih, valid, serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang hubungan antara kreativitas dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X di SMK Negeri 62 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 62 Jakarta. Selama empat bulan terhitung sejak bulan Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah Siswa Kelas X SMK Negeri 62 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana sebanyak 100 siswa. Sedangkan teknik analisis penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (8,417) > ttabel (1,685). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (8,923) > ttabel (1,685). Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Ŷ = 53,84 + 0,39X (X1) dan Ŷ = 53,23 + 0,41X (X2). Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar diperoleh dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,648 dan hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar diperoleh dari hasil koefisien korelasi sebesar 0,670. Jadi kemampuan dari variabel kreativitas untuk menjelaskan prestasi belajar mendapatkan hasil koefisien determinasi sebesar 41,96% dan kemampuan dari variabel motivasi belajar untuk menjelaskan prestasi belajar mendapatkan hasil koefisien determinasi sebesar 44,82% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dari penelitian ini. Kata kunci : Prestasi Belajar, Kreativitas, Motivasi Belajar
This study aims to obtain empirical data and facts that are appropriate, valid, and reliable and about the correlation between the creativity and learning motivation on academic achievement in students of class X at SMK Negeri 62 jakarta. This research was held at SMK Negeri 62 Jakarta. For four months starting from March 2017 to June 2017. The research method is survey with correlational approach, the population are students of class X at SMK Negeri 40 Jakarta. Used simple random technique sampling of 100 students. Meanwhile, the analysis technique of this research using simple linear regression. The hypothesis of this study shows that: (1) There is a positive and significant correlation between creativity on academic achievement, this hypothesis is proved by thitung (8,417)> ttable (1,685). (2) There is a positive and significant correlation between learning motivation on academic achievement, this hypothesis is proved by thitung (8,923)> ttable (1,685). The simple regression equation obtained is Ŷ = 53,84 + 0,39X (X1) and Ŷ = 53,23 + 0,41X (X2). Thecorrelation between creativity on academic achievement is obtained from the correlation coefficient is 0,648 and the correlation between learning motivation and academic achievement is obtained from the correlation coefficient is 0,670. So the ability of the creativity variable to explain academic achievement for correlation determination is 41,96% and the ability of learning motivation variable to explain academic achievement for correlation determination is 44,82%, while another influenced by other factors outside of this research. Keyword : Academic Achievement, Creativity, Learning Motivation
SS00013431 | SK 13431 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain