Text
Pengaruh empati terhadap komitmen mengajar pada Guru Sekolah Dasar
ANASTASIA MARSELLA
PENGARUH EMPATI TERHADAP KOMITMEN MENGAJAR PADA GURU SEKOLAH DASAR
SKRIPSI
JAKARTA: PROGRAM STUDI PSIKOLOGI, FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
(2017)
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh empati terhadap komitmen mengajar. Empati dapat ditinjau melalui 2 dimensi, yaitu: kognitif dan afektif. Sementara komitmen mengajar meliputi lima dimensi, yaitu: identifikasi dengan siswa, identifikasi dengan materi pelajaran, keterlibatan dengan siswa, keterlibatan dengan materi pelajaran, serta loyalitas dalam mengajar.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Penelitian menggunakan instrumen empati yang diadaptasi dari instrumen a Questionnaire of Cognitive and Affective Empathy (QCAE), dan instrumen komitmen mengajar dimodifikasi dari instrumen komitmen mengajar berdasarkan teori dari Tyree. Cronbach alpha empati sebesar 0,90 dan untuk komitmen mengajar sebesar 0,84. Sampel penelitian ini sebanyak 72 responden, yaitu guru SD Negeri di DKI Jakarta.
Penelitian ini menemukan terdapat pengaruh empati terhadap komitmen mengajar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi dengan persamaan regresi Y = 0,733 + 0,723 X, artinya semakin tinggi empati, maka semakin tinggi komitmen mengajar seorang guru. Persentase pengaruh yang dihasilkan sebesar 14,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Empati, Komitmen Mengajar, Guru Sekolah Dasar
Bibliografi : lembar 69-71
SS00013556 | SK 13556 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain