Text
Pengaruh model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 4 Karawang
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA 4 Karawang.Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen desain treatment by level 2x2. Instrumen yang dugunakan untuk hasil belajar sejarah yakni dengan tes pilihan ganda dan untuk motivasi berprestasi dengan menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar sejarah siswa yang mengikuti model pembelajaran STAD lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi, (3) hasil belajar sejarah antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan menggunakan model pembelajaran STAD dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, (4) hasil belajar sejarah antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dan menggunakan model pembelajaran STAD dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci: hasil belajar sejarah, model pembelajaran, motivasi berprestasi,
The aim of this research is to find the influence of a model of learning and achievement motivation to History Learning Outcomes in SMA Negeri 4 Karawang.This study is a kind of research quantitative with using the experiment design treatment by level 2x2.The Instruments that used to the study the history learning outcomes is multiple choice and the instrument that used to know the result of achievement motivation is quisioner. The results of research refer to : (1) History learning outcomes that was giving STAD Learning Model is higher than was giving Direct Learning, (2) There is the influenanceimteraction between learning model and achievement motivation, (3) History learning outcomes that has achievement motivation and STAD Learning model is higher than was giving Direct learning model. (4) History learning outcome that has achievement motivation low and was giving STAD Learning model than was giving Direct Learning model. Keywords: history learning outcomes, instructional model, achievement motivation.
TM00002420 | TM 2420 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain