Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman bacaan Bahasa Inggris : penelitian eksperimen di SMP Al-Fitroh kelas VIII
Bibliografi : lembar 209-211
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman bacaan Bahasa Inggris antara siswa yang belajar dengan menggunakan metode PQ4R dan siswa yang belajar dengan menggunakan metode CIRC, perbedaan kemampuan pemahaman bacaan antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial serta adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman bacaan Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eskperimen. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman bacaan Bahasa Inggris kelompok metode PQ4R lebih tinggi daripada kelompok metode CIRC yang dibuktikan dengan Fhitung lebih besar daripada Ftabel pada taraf nyata 1% atau maupun taraf nyata 5% atau (40.50 > 5.00 dan 40.50 > 3.16). (2) Kemampuan pemahaman bacaan Bahasa Inggris kelompok visual lebih tinggi daripada kelompok auditorial yang dibuktikan dengan Fhitung lebih besar daripada Ftabel pada taraf nyata 1% atau maupun taraf nyata 5% atau (7.36 > 5.00 dan 7.36 > 3.16). (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman bacaan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan Fhitung lebih besar daripada Ftabel pada taraf nyata 1% atau maupun taraf nyata 5% atau (58.61 < 5.00 dan 58.61 < 3.16).
The objective of this research is to find out whether there is a difference between students who learn with PQ4R method and students who learn with CIRC method, students who have visual learning style and auditorial learning style and the interaction effect between cooperative learning model and learning style toward students’ reading comprehension in English. This research uses quantitative approach with experiment method. The results of this research are: (1) Reading comprehension of student in PQ4R method class is greater that CIRC method class which is proved by Fcount is greater than Ftable with and (40.50 > 5.00 and 40.50 > 3.16). (2) Reading comprehension of students who have visual learning style is greater that auditorial learning style which is proved by Fcount is greater than Ftable with and (7.36 > 5.00 dan 7.36 > 3.16). (3) There is interaction effect between cooperative teaching model and learning style toward students’ reading comprehension in English which is proved by Fcount is greater than Ftable with and (58.61 < 5.00 dan 58.61 < 3.16).
TM00000039 | TM 39 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain