Text
Pengaruh empati terhadap kontrol diri guru dalam mengajar di sekolah dasar
ULFATUN ANNISAA
PENGARUH EMPATI TERHADAP KONTROL DIRI GURU DALAM
MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR
ULFATUN ANNISAA
SKRIPSI
JAKARTA: FAKULTAS PENDIDIKAN PSIKOLOGI, UNIVERSITAS
NEGERI JAKARTA
2017
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
empati terhadap kontrol diri guru dalam mengajar di Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian
menggunakan instrumen empati yang diadaptasi dari instrumen The QCAE
(a Questionnaire of Cognitive and Affective Emphaty) dan intrumen kontrol
diri di konstruk berdasarkan teori dari Averill. Sampel penelitian ini sebanyak
72 responden yaitu guru Sekolah Dasar di Jakarta. Metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah analisis regresi.
Pengaruh yang dihasilkan bersifat positif. Hal ini menunjukkan
semakin tinggi empati guru maka akan berdampak pada semakin tingginya
kontrol diri mereka. Presentasi pengaruh yang dihasilkan sebesar 9,7% dan
sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Empati, Kontrol Diri, Guru Sekolah Dasar
Bibliografi : lembar 60-63
SS00013520 | SK 13520 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain