Text
Hubungan antara efikasi guru dengan kesejahteraan psikologis pada guru SMP
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI GURU DENGAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA GURU SMP
(2017)
AMALINA MAFAZI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi guru dengan kesejahteraan psikologis pada guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan skala psikologi yang telah diadaptasi untuk pengambilan data pada penelitian ini yaitu Ryff’s Psychological Well-being Scale dari Carol D. Ryff (1989) dengan reliabilitas sebesar 0.95 dan The Teacher’s Sense of Efficacy Scale (TSES) dari TschannenMoran dan Anita Woolfolk Hoy (2001) dengan reliabilitas sebesar 0.80. Skala psikologi diberikan kepada 88 orang responden yaitu guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan analisis korelasi dan Winsteps 3.73 serta SPPS versi 16.0 sebagai aplikasi untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan korelasi menunjukkan r hitung sebesar 0.213 dan nilai probabilitas (sig) sebesar 0.047. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan efikasi guru memiliki hubungan yang signifikan dengan kesejahteraan psikologis pada guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Kata Kunci : Efikasi Guru, Kesejahteraan Psikologis, dan SMP Bibliografi : lembar 72-76
SS00013523 | SK 13523 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain