Text
Model pembelajaran keterampilan lari gawang (A.D.L.) berbasis permainan untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)
This research was conducted to develop the skills of hurdling for High School Students (HIGH SCHOOL). This research and development using qualitative and quantitative approaches using research methods Development Research & Development (R & D). The instruments used in the research and development it is the now the questionnaires and psychomotor skills hurdling instruments used to collect data on the stages: (1) product design (2) development of planning models (3) validation, evaluation, and revision of the model. In looking at the results of the effectiveness model used statistical tests using t-test formula correlated with significant level α = 0.05. The calculation result is obtained a value of the t-female-52.597 while t-table 1.995 and significant level of 0.000, on the basis of the data obtained can be concluded that: models of learning skills hurdling (A.D. L) based games for high school students (HIGH SCHOOL) worth as well as effective in improving the skills of hurdling to high school students. Keywords: Skills; Hurdling; Game
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan keterampilan lari gawang bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D). Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket kuesioner serta instrumen psikomotorik keterampilan lari gawang yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) desain produk (2) perencanaan pengembangan model (3) validasi, evaluasi, dan revisi model. Dalam melihat hasil efektifitas model digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji t berkorelasi dengan taraf signifikan α= 0,05. Hasil perhitungan diperoleh nilai t-hitung -52,597 sedangkan t-tabel 1,995 dan taraf signifikan sebesar 0,000, berdasarkan dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran keterampilan lari gawang (A.D.L) berbasis permainan bagi siswa sekolah menengah atas (SMA) layak serta efektif dalam meningkatkan keterampilan lari gawang untuk siswa sekolah menengah atas. Kata kunci: Keterampilan; Lari Gawang, Permainan
TM00000105 | TM 105 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain