Text
Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 72 Jakarta Utara
ABSTRAK
Mochamad Avid Ismail. Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) 72 Jakarta Utara. Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) 72 Jakarta Utara berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 72 Jakarta. Metode yang digunakan adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 72 Jakarta, populasi terjangkaunya siswa kelas XI SMA Negeri 72 Jakarta yang berjumlah 241 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan menggunakan tabel Isac Michael sehingga didapatkan sampel sebanyak 142 siswa. Data dari variabel X1 (Pengetahuan Kewirausahaan) merupakan data primer berbentuk soal tes dan X2 (Lingkungan Keluarga) dan Y (Minat Berwirausaha) merupakan data primer berberntuk kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui ada pengaruh secara parsial antara pengetahuan kewirausahaan dengan minat berwirausaha. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan nilai thitung sebesar 4,602 lebih besar dari ttabel sebesar 1,97718. Dan juga ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha hal ini dapat dilihat dari nilai thitung sebesar 7,897 lebih besar dari ttabel sebesar 1,97718. Kemudian berdasarkan uji F didapatkan hasil secara simultan ada pengaruh antara pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 53,336 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 2,67. Terdapat pengaruh yang positif antara pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha dengan koefisien korelasi ganda 0,659 dengan demikian hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 43,4 %. Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan minat berwirausaha siswa perlu diperhatikan dari sisi pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga.
Kata kunci: Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha Bibliografi : lembar 108-111
SS00013599 | SK 13599 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain