Text
Pengembangan model pembelajaran tennis untuk usia SD
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk yang berupa model pembelajaran tenis untuk usia SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development dengan desain menggunakan model dari Borg & Gall. Terdiri dari 10 langkah berikut ini: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengumpulkan informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Perbaikan Desain, 6) Ujicoba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Ujicoba Pemakaian, 9) Revisi Produk, dan 10) Pembuatan Produk Masal. Uji efektifitas model menggunakan instrumen tes keterampilan tennis yaitu groundstrokes, serve dan volley. Kemudian tes ini digunakan untuk mengumpulkan data di lapangan. Analisis data penelitian menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0.05. Analisis data diperoleh nilai rata-rata data 3 keterampilan sebagai berikut: (1) Keterampilan Groundstrokes pre-test: 5.6875 dan post-test: 8.25 (2) Keterampilan Serve: pre-test: 5.5 dan post-test: 8.7812 (3) Keterampilan Volley pre-test: 5.5935 dan post-test: 7.7812. Hasil nilai signifikasi dari tiap 3 keterampilan sebagai berikut (1) Keterampilan Groundstrokes 0.001 < 0.05. (2) Keterampilan Serve: 0.003 < 0.05 (3) Keterampilan Volley: 0.001 < 0.05 dengan taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak. Berdasarkan keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa “Model Pengembangan Pembelajaran Tennis untuk usia SD” dapat diterapkan secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan pembelajaran tennis untuk usia SD.
The objective of this research is to expand and create product such as tenis learning model for elementary age. This research are using Research & Development model from Borg & Gall. The model consist of 10 step: 1) Potential and problem, 2) collect information, 3) product design, 4) validate design, 5) improve design, 6) Trial and error product, 7) revise product, 8) trial and error of application, 9) revise product, 10) create massive product. Model effectiveness test using tennis skill test instrument that is groundstrokes, serve and volley. Then this test is used to collect data in the field. Analysis of research data using t test with significance level of 0.05. The data analysis obtained the average value of 3 skills data as follows: (1) Groundstrokes skill pre-test: 5.6875 and post-test: 8.25 (2) Serve skill: pre-test: 5.5 and post-test: 8.7812 (3) Volley skill pre-test: 5.5935 and post-test: 7.7812. Then the results of the significance value of each of the 3 skills as follows (1) Skills Groundstrokes 0.001
TM00000110 | TM 110 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain