Text
Pembelajaran menulis Bahasa Inggris menggunakan edmodo : suatu penelitian etnografi di SMA Insan Kamil Bogor
Bahasa Inggris adalah mata pelajaran wajib pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) sampai sekolah menengah atas (SMA) dengan ratarata waktu 96 jam dalam satu semester. Namun itu dirasa masih kurang dikarenakan pembelajaran masih kurang optimal. Kendala yang juga dihadapi oleh siswa ialah kurangnya rujukan dalam aspek menulis, sehingga siswa kekurangan ide untuk menulis, akan tetapi masalah tersebut bisa teratasi dengan memanfaatkan teknologi seperti Edmodo. Penelitian ini secara umum bertujuan memperoleh pemahaman mendalam mengenai proses pembelajaran menulis bahasa Inggris menggunakan Edmodo di SMA Insan Kamil secara rinci mulai dari perencanaan, kegiatan awal, inti, dan akhir, hingga evaluasi terhadap proses pembelajaran menulis bahasa Inggris menggunakan Edmodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data di analisis dengan analisis domain, taksonomi dan komponen kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data, sumber dan metode. Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa pembelajaran menulis bahasa Inggris menggunakan Edmodo mempunyai 2 tujuan yaitu; tujuan umum dan khusus. Dalam merencanakan pembelajaran guru membuat perencanaan berdasarkan silabus, sedangkan dalam langkah-langkahnya secara garis besar ada empat langkah, meliputi; (i) siswa masuk ke akun grup kelas, (ii) mengecek tugas yang sudah dikirimkan guru melalui edmodo, (iii) mengunduh tugas, (iv) dan mengunggah tugas yang sudah selesai ke edmodo. Dalam pembelajaran ini guru mempunyai peran menjadi pengendali, pengarah, fasilitator dan juga menjadi sumber, sementara siswa berperan aktif dalam mempraktikan bahasa Inggris. Metode evaluasi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran ini adalah evaluasi sumatif.
English is a compulsory subject at the junior high school level to high school (SMA) with an average time of 96 hours in a semester, but it is still less in because of less than optimal learning. In addition, the constraints faced by learners are the lack of referrals in the writing aspect, so students lack the idea of what they will write, but the problem can be solved by utilizing technology like Edmodo. This research is generally aimed at obtaining an in-depth understanding of the learning process of writing English using Edmodo in SMA Insan Kamil in detail from planning, beginning, core, and final activities, to the evaluation of the learning process of writing English using Edmodo. The method used in this research is qualitative approach with ethnography method. Data collection is done by in-depth interviews, observation, and documentation, after the data obtained then the data were the analyzed with domain analysis, taxonomy and components and then checked the validity of data using triangulation of data sources and methods. Based on the research, it was found that learning to write English using Edmodo has two purposes, namely; General and specific goals. In planning the learning of teachers make the planning based on syllabus, while in the steps there are four steps, there are four steps, including; (I) the student enters the class account, (ii) checks the teacher's assigned tasks through edmodo, (iii) downloads the assignment, (iv) and uploads the completed task to edmodo. In this learning the teacher has the role of being a controller, director, facilitator and also a source, while students play an active role in practicing English. The evaluation method used by teachers in this lesson is summative evaluation.
TM00000124 | TM 124 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain