Text
Pengembangan model materi ajar berbicara Bahasa Sunda bagi penutur non Sunda melalui pendekatan komunikatif : penelitian pengembangan di SMP Negeri 1 Depok
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang: (1) Materi ajar berbicara bahasa Sunda bagi penutur non Sunda yang sesuai dengan kebutuhan pengajar dan pemelajar bahasa Sunda di kelas VII SMP Negeri 1 Depok. (2) Analisis materi ajar berbicara Bahasa Sunda untuk penutur non Sunda yang digunakan selama ini di SMPN 1 Depok. (3) Rancangan materi ajar berbicara bahasa Sunda yang sesuai kebutuhan pengajar dan pemelajar dengan mengadaptasi Kerangka Umum Acuan Eropa level A1. (4) Uji kelayakan model materi ajar berbicara bahasa Sunda yang mengadaptasi Kerangka Umum Acuan Eropa level A1. Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikatif dengan metode penelitian pengembangan. Hasil penelitian secara umum adalah bahwa model materi ajar berbicara yang digunakan saat ini di SMPN 1 Depok sudah tidak relevan lagi karena disusun tahun 2003 dan sampai sekarang (2017) belum ada revisi, maka dari itu banyak topik-topik materi yang sudah tidak sesuai dengan konteks berbahasa saat ini. Produk materi ajar yang dikembangkan sesuai dengan hasil analisis kebutuhan telah melalui tiga langkah uji, yaitu: Uji rekan sejawat, uji pakar dan uji kelayakan operasional di lapangan. Kesimpulan didapat bahwa produk materi ajar berbicara bahasa Sunda dengan mengadaptasi Kerangka Umum Acuan Eropa level A1 untuk penutur Non Sunda, layak digunakan untuk siswa dan siswi kelas 7 SMPN 1 Depok. Kata Kunci: Penelitian pengembangan, bahasa Sunda, materi ajar, berbicara.
This study aims to profoundly examine about: (1) Sundanese speaking teaching materials for non-Sundanese speakers in accordance with the needs of teachers and learners of Sundanese, at Seventh grade of Junior High School (Sekolah Menengah Pertama, SMP) in SMP Negeri 1 Depok, West Java, Indonesia; (2) Analysis of Sundanese speaking teaching materials for non-Sundanese speakers used during this time at SMPN 1 Depok; (3) The design of Sundanese language teaching materials that suit to the needs of teachers and learners by adapting the A1 level of European Common Reference Framework; (4) The feasibility test of the Sundanese language teaching material model that adapts the A1 level European Common Reference Framework. This research uses communicative approach with development research method. The general result of the research shows that the model of teaching material used today in SMPN 1 Depok is no longer relevant since it was compiled in 2003 and until now (2017), there has been no updating revision. Hence, many material topics are not in accordance with the context of language nowadays. Teaching material product has been developed in accordance with the Analysis of Needs, that including three test steps, namely: Peer test, expert test and operational feasibility test in the field. The conclusion is that the teaching material product for Sundanese language speaking by adapting the A1 level European Common Reference Framework for Non-Sundanese speakers is suitable for students especially those seventh grade 7 in SMPN 1 Depok. Keywords: Research development, Sundanese, teaching materials, speaking.
TM00000125 | TM 125 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain