Text
Hubungan sikap dan belajar siswa terhadap kemampuan menulis diskriptif Bahasa Inggris : penelitian korelasional di SMA Negeri 2 Kambowa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan sikap siswa terhadap kemampuan menulis deskriptif bahasa Inggris, (2) hubungan gaya belajar siswa terhadap kemampuan menulis deskriptif bahasa Inggris, dan (3) hubungan sikap dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan menulis deskriptif bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Kambowa tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan 30 sampel yang terpilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes dan kuesioner dengan validitas dan reliabilitas pada taraf signifikansi α = 0,05. Data penelitian menunjukkan: (1) Ada hubungan yang positif antara sikap siswa terhadap kemampuan menulis deskriptif bahasa Inggris dengan koefisien korelasi 0,95, (2) Ada hubungan yang positif antara gaya belajar siswa terhadap kemampuan menulis deskriptif bahasa Inggris dengan koefisien korelasi 0,86 dan (3) Terdapat hubungan yang positif antara sikap dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan menulis deskriptif bahasa Inggris dengan koefisien korelasi ganda 0,95. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara sikap dan gaya belajar siswa baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap kemampuan menulis deskriptif bahasa Inggris. Kata kunci: sikap, gaya belajar, dan kemampuan menulis deskriptif bahasa Inggris.
This research aimed to determine (1) the correlation of students' attitudes toward English descriptive writing ability, (2) the correlation of students' learning styles to English descriptive writing ability, and (3) students' attitudes and students' learning styles to English descriptive writing ability In SMA Negeri 2 Kambowa 2016/2017. This research used correlational quantitative method with descriptive and inferential analysis technique with 30 randomly selected samples. Data were collected through tests and questionnaires with validity and reliability at significance level α = 0.05. Research data show: (1) There is a positive correlation between students' attitudes toward English descriptive writing ability with correlation coefficient 0,95, (2) There is a positive correlation between students' learning styles to English descriptive writing ability with correlation coefficient 0,86 and (3) There is a positive correlation between students’ attitudes and learning stylse to English descriptive writing ability with a double correlation coefficient of 0.95. The result of the research concludes that there is a positive correlation between attitudes and learning styles of students either individually or together to the ability of descriptive writing English. Keywords: attitudes, learning styles, and English descriptive writing ability.
TM00000130 | TM 130 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain