Text
Pengaruh penggunaan media film kartun terhadap pembelajaran kosakata untuk siswa SMAI Al-Azhar Kelapa Gading
ABSTRAK
MEIKA MARCHA PANGESTU, Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun
Terhadap Pembelajaran Kosakata untuk Siswa Sekolah menengah Atas Islam
(SMAI) Al Azhar Kelapa Gading. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan
Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, .
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) Al
Azhar Kelapa Gading pada semester I Tahun Ajaran , yang di mulai
dari bulan Oktober hingga Desember dengan tujuan guna mengetahui
pengaruh mengenai “Media Film Kartun” dalam meningkatkan hasil pembelajaran
kosakata siswa Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) Al Azhar Kelapa Gading.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Dengan populasi penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) Al
Azhar Kelapa Gading, dan sampelnya adalah siswa kelas XII sejumlah siswa
terdiri dari siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik
pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang
diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes tulis. Teknik
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang
digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi =
Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji
Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang
Homogen karena
h i t u n g <
t a b e l , Uji Normalitas yang memiliki
data berdistribusi normal dengan hasil Lhitung < Ltabel .
Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari adalah
sedangkan nilai t-tabel adalah untuk derajat kebebasan (dk= ). Karena
t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (H0)
ditolak dan hipotesis penelitian (H) diterima.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang
signifikan dalam pembelajaran kosakata yang menggunakan media “Film Kartun”.
Siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pelajaran pembelajaran
kosakata, dan mereka lebih mudah menerimanya, karena “Media Film Kartun”
mengajak siswa untuk lebih aktif, fokus dan imajinatif dalam belajar, serta dapat
mengkaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar dan mempraktekannya
dalam keseharian mereka. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan media
pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Media
Film Kartun” dalam pelajaran bahasa arab.Bibliografi :
SS00013386 | SK 13386 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain