Text
Pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa di MTSN 17 Jakarta
ABSTRAK
Tadzkia Humairoh, Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemahiran Membaca Bahasa Arab Siswa Di MTsN 17 Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh Strategi DRTA terhadap kemampuan hasil belajar membaca siswa di sekolah MTsN 17 Jakarta.
Dan pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen. Dan yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa dari MTsN 17 Jakarta, dari penelitian ini pun peneliti mengambil sampel siawa kelas 8 yang terdiri dari 30 orang siswa untuk kelas eksperimen dan 30 orang anak untuk kelas kontrol, pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Dan untuk mengetahui hasil belajar membaca bahasa Arab siswa, peneliti memberikan soal pretest dan posttest . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada signifikan 0,05. Dan dapat diketahui harga t setelah dilakukan uji normalitasserta uji homogenitas.
Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov Testandar Dari uji normalitas pada kelas eksperimen didapatkan standar deviasi.sebesar 10,137 pada taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,74 pada taraf signifikansi 0,05. nilai 0,74 > 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dari uji normalitas pada kelas Kontrol didapatkan standar deviasi.sebesar 14,487 taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,14 pada taraf signifikansi 0,05. nilai 0,14 > 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal
Sedangkan pada uji homogenitasdilakukan dengan menggunakan teknik Test of Homogeneity of Variances.dan dari hasil perhitungan uji homogenitaspada kelas Ekperimen taraf homogenitas yang diperoleh adalah 0,930 pada taraf signifikansi 0,05. nilai 0,930 > 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa sampel tersebut homogen, dan pada kelas Kontrol taraf homogenitas yang diperoleh adalah 0,188 pada taraf signifikansi 0,05. nilai 0,188 > 0,05 , maka dapat disimpulkan bahwa sampel tersebut homogen. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi DRTA terhadap kemampuan membaca siswa di MTsN 17 Jakarta sudah dapat menjawab pertanyaan peneliti.
Hasil penelitian, bahwa hasil membaca siswa di MTsN 17 Jakarta yang diberikan strategi DRTA oleh peneliti terdapat pengaruh yang signifikan dari pada hasil belajar rata-rata siswa yang tidak diberikan perlakuan pembelajaran dengan DRTA atau yang hanya diberikan perlakuan dengan metode langsung. Bahwa siswa lebih menyukai penggunaan strategi DRTA, karena mereka dituntut untuk memahami pelajaran denganya. Selain itu, seharusnya pengajar pun menggunakan strategi yang sesuai saat proses pembelajar berlangsung, khususnya saat pembelajaran membaca bahasa Arab.Bibliografi : lembar 53-54
SS00013378 | SK 13378 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain