Text
Pengaruh model pebelajaran koperatif tipe think pair share terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta
ABSTRAK
RAHMALINI. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan Kelas X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid dapat dipercaya.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 16 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Desain. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Untuk menjaring data dari variabel digunakan instrumen penelitian berbentuk skala likert untuk motivasi belajar siswa.
Perhitungan validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan realibilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji F. kemudia uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t. hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 1,765 adapun ttabel sebesar 1,684. Oleh karena itu thitung > ttabel (1,765 > 1,684), artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 16 Jakarta.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share, Motivasi Belajar. Bibliografi : lembar 82-85
SS00013492 | SK 13492 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain