Text
Hubungan antara self regulated lerning dengan hasil belajar pada siswa di SMK Negeri 22 Jakarta
ABSTRAK
Dinda Destiani, Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Hasil Belajar Pada Siswa SMK Negeri 22 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada siswa di SMK Negeri 22 Jakarta. Penelitian ini terhitung sejak Februari 2017 sampai Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi keseluruhan sebanyak 748 siswa, populasi terjangkau yang digunakan adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 22 Jakarta yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling yaitu teknik pengambilan secara sederhana dengan pengambilan anggota dari populasi secara acak dan berimbang sebanyak 58 siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 49,13 + 0,161X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,108, sedangkan Ltabel untuk n = 58 pada taraf signifikan 0.05 adalah = 0,116. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,84 < 1,87, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 6,19 > 4,01, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,315 selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan menghasilkan thitung = 2,4870 dan ttabel = 1,67. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,315 adalah positif dan signifikan. Berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self regulated learning dengan hasil belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pada siswa di SMK Negeri 22 Jakarta. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0.0995 yang menunjukkan bahwa 9,95% variabel hasil belajar ditentukan oleh self regulated learning.
Kata Kunci : Self Regulated Learning, Hasil Belajar Bibliografi : lembar 73-74
SS00013497 | SK 13497 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain