Text
Pengaruh self-compassion terhadap subjective well-being pada guru honorer Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Jakarta Utara
NUR ANISA SEKARINGTYAS
PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP SUBJECTIVE WELL-BEING PADA GURU HONORER SEKOLAH DASAR NEGERI DI WILAYAH JAKARTA UTARA
SKRIPSI
Jakarta:
Program Studi Psikologi
Fakultas Pendidikan Psikologi
Universitas Negeri Jakarta
2017
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh self-compassion terhadap subjective well-being pada guru honorer SD negeri di Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan skala psikologi. Peneliti menggunakan instrument yang diadaptasi, yaitu Self-compassion Scales, Satisfication With Life Scales, dan Skala Pengalaman Positif Negatatif. Sampel penelitian berjumlah 135 responden yaitu guru SD negeri aktif yang berstatus honorer dengan pengambilan sampel insidental. Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisis regresi. Pengaruh yang dihasilkan bersifat positif, artinya semakin tinggi self-compassion semakin tinggi pula subejctive well-being guru honorer. Besar pengaruh yang dihasilkan self-compassion terhadap subjective well-being adalah 9,3% pada aspek afek positif negatif dan 3,1% pada aspek kognitif dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Self-compassion, Subjective Well-being
Bibliografi : lembar 85-88
SS00013605 | SK 13605 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.09.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain