Text
Peningkatan hasil belajar IPA dalam tema peduli terhadap lingkungan melalui pembelajaran berbasis proyek : penelitian tindakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kayu Putih 09 Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dalam tema peduli terhadap lingkungan melalui pembelajaran berbasis proyek di kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kayu Putih 09 Jakarta Timur. Terdapat beberapa indikator untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam tema ini yakni mengidentifikasi kegiatan yang menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup, menemutunjukkan tiga contoh sikap peduli terhadap lingkungan , menjelaskan tujuan merawat makhluk hidup, menjelaskan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan, mengidentifikasi wujud penerapan pancasila dalam kehidupan sehari-hari, melakukan pemilahan sampah sebagai wujud kepedulian terhdap lingkungan. Penelitian tidakan ini dilakukan dalam dua siklus, siklus kesatu dan kedua. Subjek dari penelitian tindakan ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kayu Putih 09 tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa cara yakni observasi/ pengamatan untuk data proses dengan menggunakan lembar observasi yang pelaksanaannya dibantu kolaborator. Tes hasil belajar yang terdiri dari tes awal dijadikan sebagai pijakan untuk menyusun rencana tindakan yang akan diimplementasikan melalui langkah-langkah dalam siklus guna meningkatkan hasil belajar IPA. Selanjutnya tes hasil belajar diberikan setiap akhir siklus untuk mengevaluasi dampak dari tindakan yang telah diimplementasikan. Penelitian tindakan ini berlangsung selama empat bulan yakni dari bulan November 2016 sampai Februari 2017. Data yang dianalisis adalah data kualitaif, yang diperkuat dengan penilaian hasil belajar IPA, untuk membuktikan sejauh mana dampak dari tindakan yang telah diberikan terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Peningkatan hasil belajar IPA peserta didik dalam tema “Peduli Tehadap Lingkungan”, diamati melalui proses pembelajaran berbasis proyek dan dari tes hasil belajar yang diberikan disetiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kayu 09 meningkat baik pada KI 3 maupun KI 4 dengan diterapkannya pembelajaran berbasis proyek, strategi dan alat bantu yang bervariasi. Kata Kunci: pendidikan IPA, hasil belajar, dan pembelajaran berbasis proyek
This research is aimed to improve science learning outcomes of student in the theme of caring towards the environment by using project based learning at Kayu Putih 09 state elementary school east Jakarta. There are several indicators to improve science learning outcomes in this theme: identifying activities that is shown the concern of living things, finding and demonstrating three examples of caring attitude towards the environment, explaining the purpose of taking care of living things, explaining one of the efforts that can be done to preserve the environment, identifying the attitude of applying five principles in daily life, and doing waste sorting as a form of awareness to the environment. This action research is conducted in two cycles, the first and second cycle. The subject of this action research is the fourth grade student of Kayu Putih State Elementary School 09 year 2016/2017. Collecting data is done in several ways, for the process data, researcher did an observation by using observation sheets which the implementation is assisted by collaborators. The test of learning outcomes that is consisting of pre test was used as a base to develop the action plans that will be implemented through the steps in the cycle to improve the science learning outcomes. Furthermore, tests of learning outcomes are given at the end of each cycle to evaluate the impact of actions that have been implemented. This action research lasted for four months, from November 2016 to February 2017. The data that researcher analyzed is qualitative data, which is reinforced by the assessment of science learning outcomes, to prove the impact of the actions that have been given on science learning outcomes of student. Improving science learning outcomes of student in the theme of "Caring towards the Environment", is observed through a project-based learning process and from the learning outcomes given at each end of the cycle. The results of this research indicate the improvement in both knowledge and skills of science learning outcomes of student in grade four of Kayu Putih 09 State Elementary School. The improvement is caused by the application of project-based learning, and various strategies. Keyword: science learning, outcomes, and project based learning
TM00000154 | TM 154 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain