Text
Penggambaran iklan layanan masyarakat "stoger kampagne anti-rauch werbung"
ABSTRAK
DINA CHAERANI. 2017. Penggambaran Iklan Layanan Masyarakat ”Stöger Kampagne Anti-Rauch Werbung”. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk memerikan penggambaran pesan larangan merokok melalui unsur verbal dan visual dalam iklan layanan masyarakat“Stöger Kampagne Anti-Rauch Werbung” yang diterbitkan di Jerman oleh Bundesministerium für Gesundheit periode Juni-Desember 2010 dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah unsur verbal dan visual tiga iklan layanan masyarakat yang dianalisis menggunakan Analisis Wacana Kritis menurut Fairclough yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu Tahapan Deskripsi, Tahapan Interpretasi, dan Tahapan Eksplanasi. Iklan dianalisis melalui unsur-unsur pembentuknya (verbal dan visual), yaitu die Schlagzeile, Subheadline, Flieβtext, Slogan, Produktname, besonderen Formen von Textelementen, dan Bildelemente. Unsur verbal iklan dilihat dari penggunaan retorika iklan dan permainan bahasa, sedangkan teori hubungan gambar-teks dan warna menjadi alat analisis unsur visual iklan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga iklan layanan masyarakat “Stöger Kampagne Anti-Rauch Werbung” selalu menampilkan visualisasi yang dapat menggambarkan tujuan pembuatan iklan secara umum, yaitu larangan merokok. Pilihan kata dan gambar berperan penting dalam setiap iklannya, karena menggambarkan bahaya dan efek negatif dari rokok kepada masyarakat. Unsur-unsur iklan, baik verbal maupun visual, memiliki makna masing-masing setelah dianalisis secara kritis. Dari sisi verbal, iklan memaparkan tujuannya dengan menggunakan retorika iklan Endreim, Apostrophe, Ausruf, Synekdoche totum pro parte, Personifikation dan Hyperbel, serta menggunakan permainan kata Anspielungen auf Text-Bild-Basis. Sedangkan dari sisi visual iklan, pesan larangan untuk merokok digambarkan secara jelas melalui ilustrasi figur anak muda dan penggunaan warna, agar pembaca iklan berhenti merokok. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa unsur verbal dan visual iklan memiliki hubungan timbal balik yang erat dalam menyampaikan gagasan iklan. Setiap unsur verbal dan visual direncanakan dengan seksama dan memiliki makna khusus untuk menyampaikan penggambaran dari pesan iklan, yaitu larangan merokok.
Kata kunci: Iklan Layanan Masyarakat Stöger Kampagne Anti Rauch Werbung, Analisis Wacana Kritis menurut Fairclough, Penggambaran Iklan
Bibliografi : lembar 136-138
SS00013764 | SK 13764 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain