Text
Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuyk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Duren Sawit 18 Pagi Jakarta
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran IPS melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SDN Duren Sawit 18 Pagi Jakarta. Model penelitian ini merupakan Penelitian action research dengan model Kemmis McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai kepercayaan diri siswa mencapai persentase kepercayaan diri sebesar 68% dan hasil observasi guru sebesar 53% serta observasi siswa sebesar 54% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi persentase kepercayaan diri menjadi 97% dan hasil observasi guru sebesar 88% sedangkan observasi siswa sebesar 82%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran IPS materi permasalahan sosial di kelas IV SDN Duren Sawit 18 Pagi Jakarta Timur. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan model Problem Based Learning sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pembelajaran di sekolah. Kata Kunci : Kepercayaan diri, PBL, IPS
The objective of this research to improve Self confidence in IPS learning about Social Problems within application of Problem Based Learning model for the fourth grade students of SDN Duren Sawit 18 Jakarta. This research is a Classroom Action Research conducted in two cycles. The research subjects are as may a is totalling 31 students. The result of the research showed that the Problem Based Learning method can improving self confidence in IPS learning about Social Problems. The results showed that there was an increase of students' self confidence from cycle I to cycle II. In the first cycle, the students' selfconfidence score reached 68% and PBL observation teacher reached rate 53% and pbl observation student reached rate 54%, while in cycle II the average value increases 97 and PBL observation teacher reached rate 88% and pbl observation student reached rate 82%. Based on these results, it can be concluded that the method of Problem Based Learning can improve students' self confidence in social studies IPS social problems in class IV SDN Duren Sawit 18 Pagi East Jakarta. Therefore, teachers can use the Problem Based Learning method as an alternative learning model to improve the confidence of self-students so as to improve the confidence of learning in schools. Keywords: PBL, IPS, Self Confidence
TM00000159 | TM 159 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain