Text
Pengaruh model flipped classroom-PjBL dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar materi ikatan kimia siswa kelas X SMA Santa Ursula Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom-PjBL dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar materi ikatan kimia siswa kelas X SMA Santa Ursula Jakarta. Penelitian ini menggunakan true experiment dengan design treatment by level 2x2. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Santa Ursula Jakarta tahun ajaran 2016/2017, yang diambil secara cluster random sampling. Berdasarkan uji ANAVA 2 jalur dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil sebagai berikut: tidak ada pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom-PjBL terhadap hasil belajar siswa. Namun demikian terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi Ikatan kimia pada taraf 0,05. Dari hasil uji Tukey menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan kemandirian belajar tinggi dan diberikan model Flipped Classroom-PjBL lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diberikan model KonvensionalPjBL. Sedangkan hasil belajar siswa dengan kemandirian belajar rendah yang diberikan model Flipped Classroom-PjBL lebih rendah bila dibandingkan dengan siswa yang diberikan model Konvensional-PjBL. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Flipped Classroom-PjBL dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan hasil belajar siswa jika didukung dengan kemandirian belajar yang tinggi.
This research aims to discover the effect of Flipped Classroom-PjBL and independent learning towards their achievement on Chemical Bonding from X th grade students of Saint Ursula Senior High School in Jakarta. The research used true experimental with treatment by level 2x2 design. This research sampling is obtained by cluster random sampling method from Xth grade students of students of Saint Ursula Senior High School in Jakarta. Based on the result of ANAVA twoway test significan 5%, the following result is obtained : the implementation of Flipped Classroom-PjBL brings no effect on students achievement. However, the result shows that there is interaction between learning model and independence learning towards students achievement by 0,05. Tukey test shows that students achievement from those with high learning independence and treated by Flipped Classroom-PjBL is higher than that who are tought using conventional method. While students with low learning independence and treated by Flipped ClassroomPjBL shows lower achievement compared to that treated in Konventional-PjBL. It can be concluded that Flipped Classroom-PjBL can be implemented in Chemistry learning to improve students’ achievement when it is practiced a long with high learning independence.
TM00000165 | TM 165 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain