Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X akuntansi SMKN 17 Jakarta
ABSTRAK
NILA KARINA. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Negeri 17 Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 17 Jakarta berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya.
Penelitian dilakukan di SMK Negeri 17 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Posttest Only Control Desain. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 17 Jakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Untuk menjaring data dari variabel digunakan instrumen penelitian berbentuk skala likert untuk kemampuan komunikasi matematis siswa.
Perhitungan validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan realibilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data ini dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Kemudian uji hipotesis digunakan dengan menggunkana uji-t. Hasil pengujian persyaratan analisis menyatakan bahwa pada uji normalitas kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data varians adalah homogen. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 3,45. Adapun ttabel sebesar 1,68. Oleh karena itu thitung > ttabel (3,45 > 1,68), artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 17 Jakarta.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray, Komunikasi Matematis
SS00013366 | SK 13366 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain