Text
Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajr terhadap hasil belajar pada siswa SMK Nurul Iman Jakarta
ABSTRAK
RACHMA GEA FERNANDA. 8105132191. Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar akuntansi di SMK Nurul Iman . Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar akuntansi di SMK Nurul Iman Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung mulai bulan Januari 2017 sampai dengan bulan April 2017. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Nurul Iman dengan populasi terjangkaunya siswa Administrasi Perkatoran kelas X (sepuluh) yang berjumlah 107 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proporsional, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, pencatatan dokumen dan kuesioner. Untuk mendapatkan data hasil belajar (Y), dilakukan dengan cara menghitung rata-rata nilai hasil ulangan harian mata pelajaran pengantar akuntansi semester genap. Kemudian data motivasi belajar (X1) didapatkan dari hasil sebaran kuesioner pada responden dan disiplin belajar (X2) didapatkan dari data yang diberikan oleh guru. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara motivasi belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4,242 > nilai ttabel sebesar 1,667. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara disiplin belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 5,921 > nilai ttabel sebesar 1,667. Motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 30,842 > Ftabel sebesar 3,11. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 40,007 + 0,268X1 + 0.779X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0,432 yang artinya motivasi belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 43.2%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar Bibliografi : lembar 79-80
SS00013351 | SK 13351 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain