Text
Pengaruh self esteem dan pembelajaran sosiodrama terhadap keterampilan berbicara anak usia dini : penelitian ex post facto di TK PGRI Kartini Kab. Pangandaran
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hasil temuan pengaruh self esteem dan pembelajaran sosiodrama terhadap keterampilan berbicara anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto,dimana rangkaian-rangkaian variabel sudah terjadi. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan peneliti terdiri dari, mengidentifikasi adanya permasalahan, membatasi dan merumuskan permasalahan, menentukan tujuan dan manfaat penelitian, melakukan studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian, menentukan pertanyaan penelitian dan menentukan hipotesis penelitian, menentukan metode penelitian yang hendak digunakan, dalam hal ini populasi, sampel, teknik sampling, menentukan instrumen, dan menganalisis data, membuat laporan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini dilakukan di TK PGRI KARTINI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto, ciri utama dalam penelitian ex post facto adalah sifat penelitian yang tidak ada kontrol terhadap variabel dengan kata lain penelitian tidak memulai prosesnya dari awal, tetapi langsung mengambil hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh self esteem dan pembelajaran sosiodrama terhadap keterampilan berbicara anak usia dini. Kata kunci : self esteem, sosiodrama, keterampilan berbicara
This study aims to analyze the findings of the influence of self esteem and sociodrama learning on early childhood speaking skills. This research is an ex post facto research, where series of variables have occurred. The research steps undertaken by the researcher consists of, identify the problems, limit and formulate the problem, determine the objectives and benefits of research, conducting literature study related to research, determine the question and determine the reaserch hypothesis, determine the method of research in this case sampling, sampling technique, instrument, and analyze data, and create research reports. The data source of this research is done in TK PGRI KARTINI. The research method used quantitative ex post facto, the main characteristic in ex post facto research is the nature of the research that has no control over the variables, in other words the researcher does not start the process from the beginning but directly take the results. The results showed that there is influence of self esteem and sociodrama learning on early childhood speaking skills. Keyword: self esteem, sociodrama, speaking skills
TM00000171 | TM 171 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain