Text
Pengaruh bermain eksploratoris dan kemampuan visual-spasial anak terhadap kreativitas : penelitian eksperimen di TK Islam Fitria Kelompok B Jakarta Barat
This study aims to determine the effect of exploratory play and spatial visual ability on creativity in group B kindergarten. This research method used experimental research with treatment design by level 2x2. The sample in this research is 40 children. Sample collection technique with stratified multistage cluster random sampling. Data analysis techniques use two-way ANAVA. The results of the research are: 1) Creativity of children given playing exploratory playing blocks has a higher influence than playing exploratory playing puzzle, 2) There is an interaction effect between exploratory play and spatial visual ability on creativity, 3) Creativity of children who have visual ability High spatial given playing exploratory playing beams have a higher influence of child scores than creativity given playing exploratory playing puzzles, 4) Creativity of children who have low spatial visual ability given playing exploratory playing puzzles have a higher value influence compared to children's creativity Who were given playing exploratory playing the beams. Keywords: Exploratory play, spatial visual ability, creativity
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain eksploratoris dan kemampuan visual spasial terhadap kreativitas pada kelompok B taman kanak kanak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 anak .Tehnik pengumpulan sampel dengan stratified multistage cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) Kreativitas anak yang diberikan bermain eksploratoris bermain balok memiliki pengaruh yang lebih tinggi daripada bermain eksploratoris bermain puzzle, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara bermain eksploratoris dan kemampuan visual spasial terhadap kreativitas, 3) Kreativitas anak yang memiliki kemampuan visual spasial tinggi yang diberikan bermain eksploratoris bermain balok memiliki pengaruh yang lebih tinggi skor anak dari kreativitas yang diberikan bermain eksploratoris bermain puzzle, 4) Kreativitas anak yang memiliki kemampuan visual spasial rendah yang diberikan bermain eksploratoris bermain puzzle memilki pengaruh yang lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan kreativitas anak yang diberikan bermain eksploratoris bermain balok. Kata kunci : Bermain eksploratoris, kemampuan visual spasial, kreativitas
TM00000172 | TM 172 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain