Text
Pengaruh pemamfaatan perpustakaan dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar pada siswa SMK Sejahtera Jakarta
ABSTRAK
UShella Novayanti Indah Sari. 8105132155. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Sejahtera Jakarta.U Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar siswa SMK Sejahtera Jakarta. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Februari 2017 sampai dengan bulan Mei 2017. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Sejahtera Jakarta dengan populasi terjangkaunya siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran, Akuntansi, dan Multimedia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proporsional, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 172 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey dan pemberian kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui terdapat pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan dan hasil belajar dimana nilai tRhitungR sebesar 3.369 > nilai tRtabel R 1.653. Kemudian diketahui terdapat pengaruh antara komunikasi interpersonal dan hasil belajar dimana dari hasil tRhitungR sebesar 6.984 > nilai tRtabel R 1.653. Pemanfaatan perpustakaan dan komunikasi interpersonal secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai FRhitung Rsebesar 46.183 > nilai FRtabel Rsebesar 3.05. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 31.190 + 190XR1R + 0.249XR2. RBerdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai RP2P 0.353 yang artinya pemanfaatan perpustakaan (X1) dan komunikasi interpersonal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y) sebesar 35.3%. Sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar. Indikator terendah pemanfaatan perpustakaan adalah intensitas dan untuk indikator terendah komunikasi interpersonal adalah rendahnya rasa empati guru terhadap siswa. Sehingga seharusnya pihak sekolah dapat meningkatakan aktifitas siswa di perpustakaan dan juga meningkatkan rasa empati guru terhadap siswa baik di kelas baik seperti dalam proses pembelajaran di kelas maupun kegiatan yang dilakukan di diluar kelas.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Komunikasi Interpersonal, Pemanfaatan Perpustakaan Bibliografi : lembar 91-95
SS00013348 | SK 13348 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain