Text
Pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada siswa di SMKN 50 Jakarta
ABSTRAK
MILA KAMELIA 8105132214. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Siswa di SMK Negeri 50 Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran pada siswa di SMK Negeri 50 Jakarta baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan teknik angket atau kuesioner dan dokumentasi. Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 50 Jakarta yang berjumlah 632 siswa. Dengan populasi terjangkau yaitu siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 50 Jakarta yang berjumlah 72 siswa. Sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa dari kelas X program keahlian Admnistrasi Perkantoran.
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan nilai thitung sebesar 6,561 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,671. Motivasi belajar secara parsial juga pengaruh signifikan terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,808 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,671. Pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 45,499 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,153 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,0. Koefisien determinasi (R2) antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar otomatisasi perkantoran sebesar 60,7%.
Hasil uji hipotesis menghasilkan kesimpulan bahwa 1.Pemanfaatan sumber belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran yang artinya adalah apabila pemanfaatan sumber belajar meningkat. 2. Motivasi belajar intrinsik berpengaruh positif terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran yang artinya adalah apabila motivasi belajar meningkat. 3. Pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar intrinsik berpengaruh positif terhadap hasil belajar otomatisasi perkantoran.
Kata Kunci: hasil belajar, motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar Bibliografi : lembar 112-114
SS00013356 | SK 13356 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain