Text
Pengaruh pengetahuan guru tentang kesiapan sekolah dan latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik : studi ex post facto pada Guru Kelompok B di Kabupaten Bekasi, 2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan guru tentang kesiapan sekolah dan latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik yang berada di Kabupaten Bekasi. Metode dalam penelitian ini ada kuantitatif expost facto. Sampel penelitian ini sebanyak 60 guru yang akan diambil mengunakan teknik multi stage random sampling. Instrument menggunakan tes pilihan ganda dengan empat alternative jawaban untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik dan untuk mengukur tingkat pengetahuan guru tentang kesiapan sekolah anak. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat perbedaan tingkat kompetensi pedagogik guru, antara kelompok guru yang memiliki pengetahuan tentang kesiapan sekolah tinggi dan rendah, 2) Tingkat kompetensi pedagogic antara guru yang memiliki latar belakang pendidikan S1 PAUD dan S1 Non PAUD, 3) Terdapat pengaruh interaksi antara pengetahuan guru tentang kesiapan sekolah dan latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik,4) Untuk guru yang memiliki tingkat pengetahuan tentang kesiapan sekolah tinggi, terdapat perbedaan tingkat kompetensi pedagogik antara guru yang latar belakang S1 PAUD dan S1 Non PAUD, 5) Untuk guru yang memiliki tingkat pengetahuan tentang kesiapan sekolah rendah, terdapat perbedaan kompetensi pedagogic antara guru yang berlatar belakang S1 Non PAUD dan S1 PAUD. Kesimpulan : Apabila ingin meningkatkan kompetensi pedagogic guru, harus memperhatikan pengetahuan tentang kesiapan sekolah dan latar belakang pendidikan.
This study aims to determine the effect of teacher knowledge about school readiness and educational background of pedagogic competence residing in Bekasi Regency. The method in this study is quantitative expost facto. The sample of this research is 60 teachers to be taken using multi stage random sampling technique. Instrument uses multiple choice test with four alternative answers to determine pedagogic competence level and to measure teacher's level of knowledge about children's school readiness. The results showed: 1) There was a difference of pedagogic competence level of teachers, between groups of teachers with knowledge of high school readiness and low, 2) pedagogic competency level between teachers with education background of early childhood and non-early childhood education, 3) interaction effect Between teacher's knowledge about school readiness and educational background to pedagogic competence, 4) For teachers who have high level of knowledge about school readiness, there is a difference of pedagogic competency level between teacher with background of early childhood and non-early childhood education, 5) for teachers who have The level of knowledge about school readiness is low, there is a difference of pedagogic competence between teachers with non-early childhood background and early childhood education. Conclusion: If you want to improve pedagogic competence of teachers, should pay attention to knowledge about school readiness and educational background.
TM00000177 | TM 177 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain