Text
Hubungan konsep diri, motivasi belajar siswa dan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD : studi korelasional di SDN Karang Asih 02, 08 dan 10 Cikarang Utara Kab. Bekasi
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara konsep diri dan motivasi belajar siswa dengan kemampuan membaca pemahaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda. Penelitian ini dilakukan di SDN Karang Asih 02, 08 dan 10, kecamatan Cikarang Kabupaten Bekasi dengan n=120 dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan kemampuan membaca pemahaman; (2) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan kemampuan membaca pemahaman dan (3) terdapat hubungan positif antara konsep diri dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kemampuan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca pemahaman dapat ditingkatkan dengan meningkatkan konsep diri dan mengakomodir motivasi belajar siswa, karena hasil verifikasi membuktikan bahwa konsep diri dan motivasi belajar siswa menjadi faktor-faktor penentu yang signifikan. Kata Kunci: Kemampuan membaca pemahaman, konsep diri dan motivasi belajar
The objective of the research is to determine the relationship between self-concept and learning motivation with reading comprehension skills. The study makes use of survey method which implements regression and multiple correlation technique. The research conducted at SDN Karang Asih 02, 08 and 10 Cikarang Bekasi with n=120 using cluster sampling technique.The result of research show; (1) there is a positive correlation between self-concept with reading comprehension skills; (2) there is a positive correlation between learning motivation with reading comprehension skills; (3) there is a positive correlation between self-concept and learning motivation student cooperatively with reading comprehension skills. Based on the result of research, the reading comprehension skills could be enhanced by increasing self-concept and accommodating learning motivation student, since the result of verification simply be able to prove the self-concept and learning motivation student to be significant determinant factors. Keywords: Reading comprehension skills, Self-concept and Learning motivation
TM00000186 | TM 186 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain