Text
Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa perangkat pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan guru dan siswa di SD IT Wahdatul Ummah, dimana perangkat yang digunakan dalam pembelajaran matematika belum sesuai dengan konteks materi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model Dick Carey and Carey yang dilaksanakan melalui sembilan tahapan. Penelitian ini diawali dengan melakukan penelitian pendahuluan, validasi teoretik yang dilakukan oleh uji pakar, validasi empirik dilakukan dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual memberikan efek potensial terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar. Keberhasilan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual pada materi bangun datar dalam pembelajaran matematika didukung oleh peran aktif siswa dan kerja sama antara guru dan siswa dalam membangun proses pembelajaran yang bermakna.
The purpose of this research is to develop product tools of contextual based learning. This research is motivated by the need analysis study of teacher and student in SD IT Wahdatul Ummah, where is the tools of needed by mathematics learning have not been able to material contex. The method of this research method by Dick Carey and Carey type which consist of nine stages. This research beginning preface research, theoretic validation was done by experimental test, empiric validation was done by one to one test, small group test and field test. The result of this research shows the improvement using tools of contextual based given potential effect mathematics of improvement student on bangun datar material. The successful of using tools of contextual based on bangun datar material in mathematics learning is also supported by Active student and a good cooperation between teacher and student as well to construct proccess a meaningfull learning.
TM00000188 | TM 188 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain