Text
Pengembangan model pembelajaran lempar tangkap melalui metode permainan dengan menggunakan bola kain pada siswa sekolah dasar
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
pengembangan model permainan untuk meningkatkan kemampuan lempar
tangkap melalui bentuk-bentuk permainan baru yang dikembangkan sesuai
dengan karakteristik sasaran penelitian yaitu siswa atas sekolah dasar.
Penelitian ini dimulai tanggal 4 Mei 2017 di Sekolah Dasar Sumur
Batu 08 PagiJakarta Pusat.Sampel penelitian ini sebanyak 40 siswa dari
jumlah 56 siswa populasi yang terdaftar sebagai murid di SDN 08 Pagi
Jakarta Pusat dengan metode Research and Development tehnik
pengambilan sampel menggunakan pretest test (tesawal) dan Post test
(tesakhir).
Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut :
(1) disimpulkan bahwa frekuensi terbesar pada interval 58-63 dengan
prosentase 32,5% dan prosentase terkecil terdapat pada interval 40-45 dan
46-51 dengan prosentase 2,5%. Adapun hasil test awal sebagai berikut
:Nilai tertinggi 71,88, nilai terendah 44,79, nilai rata-rata 59,77 dan
simpangan baku 6,67.(2) Setelah mengikuti proses pembelajaran lempar
tangkap dengan model pengembangan pembelajaran melalui permainan,
maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: dapat disimpulkan bahwa
frekuensi terbesar terdapat pada interval 82-84 dengan prosentase 30%
dan prosentase terkecil terdapat pada interval 73-75 dengan prosentase
2,5%. Adapun hasil test akhir sebagai berikut : nilai tertinggi 88,54, nilai
terendah 73,96, nilai rata-rata 81,77 dan simpangan baku 3,77 (lampiran ),
peningkatan yang sudah memenuhi standar kelulusan dengan 39 orang
siswa yang lulus dari 40 siswa (3) Nilai rata-rata tes awal lempar tangkap
(pretest) sebesar 60,63 sedangkan rata-rata tes akhir lempar tangkap
(posttest) meningkat menjadi 75,28. Terjadi perubahan nilai rata-rata siswa
yang mampu meningkatkan kemampuan lempar tangkap. Hal ini dibuktikan
dengan rata-rata nilai posttest lebih tinggi dari pretest.
Kesimpulan bahwa Pengembangan model pembelajaran lempar
tangkap melalui pengembangan metode permainan sangat bagus dan baik
diterapkan pada siswa SDN Sumur Batu 08 Pagi Jakarta Pusat. Ditinjau
berdasarkan analisis proses dan hasil.
The objective of this research is the development of game model
to improve capture capability through new game forms developed in
accordance with the characteristics of the research objectives of the
students of the elementary school.
This research was started on May 4, 2017 at Elementary School
Sumur Batu 08 Pagi Jakarta Pusat. Sampel this research as many as 40
students from the number of 56 students population registered as students
at SDN 08 Pagi Central Jakarta with Research and Development method of
sampling technique using pretest test (tesawal) And Post test (final test).
Based on the analysis of research data obtained the following
results: (1) concluded that the largest frequency at intervals of 58-63 with a
percentage of 32.5% and the smallest percentage is found at intervals 40
45 and 46-51 with 2.5% percentage. The preliminary test results are as
follows: The highest score is 71.88, the lowest value is 44.79, the average
score is 59.77 and the standard deviation 6.67. (2) After following the
learning process of throwing catch with the learning development model
through game, Obtained the results of the study as follows: it can be
concluded that the largest frequency is at the interval 82-84 with the
percentage of 30% and the smallest percentage is at intervals 73-75 with
percentage 2.5%. The final test result is as follows: highest score 88,54,
lowest score 73,96, average value 81,77 and standard deviation 3,77
(appendix), improvement which have fulfilled passing standard with 39
students graduated from 40 Students (3) The average score of pretest test
is 60.63 while the mean of posttest test is increased to 75.28. There is a
change in the average score of students who are able to improve the
capture ability. This is evidenced by the average posttest value higher than
pretest.
The conclusion that the development of learning model throwing
through the development of the game method is very good and well applied
to students SDN Sumur Batu 08 Pagi Central Jakarta. Reviewed based on
process and results analysis.
SS00013719 | SK 13719 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain