Text
Pengaruh metode pembelajaran kooperatif dan toleransi sosial terhadap hasil belajar IPS siswa : sebuah studi eksperimen terhadap siswa kelas 5 semester I di Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan toleransi sosial terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Sukamanah 02 Jonggol pada tahun 2016 dengan 320 sampel. Pengambilan data diperoleh melalui tes analisis Varian (ANAVA) dua jalur dengan desain treatmeant by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil menulis argumentasi siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif team games tournament lebih baik dari pada siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif numbered head together. (2) Terdapat pengaruh interaksi anatara metode pembelajaran dengan toleransi sosial terhadap hasil belajar IPS. (3) Hasil hasil belajar siswa yang bertoleransi sosial tinggi dan belajar dengan metode pembelajaran kooperatif team games tournament lebih baik dari pada metode pembelajaran kooperatif numbered head together (4) Hasil hasil belajar siswa yang bertoleransi sosial rendah dan belajar dengan metode pembelajaran kooperatif numbered head together lebih baik dari pada metode pembelajaran kooperatif team games tournament. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif team games tournament dengan mempertimbangkan kemampuan toleransi sosial siswa dapat meningkatkan hasil belajar IPS
The purpose of this study is to learn the influence of cooperative learning method and social tolerance towardin learning outcomes IPS 5th grade students. This study was conducted on 5th grade students of SDN Sukamanah 02 Jonggol Bogor in 2016 by taking 60 samples. Data is acquired using two-way varian analysis test (ANAVA) utilizing treatment by level 2x2 design. The result study showed that: (1) the learning outcomes student’s cooperative learning method team games tournament techniques is higher than that of using numbered head together techniques, (2) there is interaction correlation between students’ cooperative learning methods and their social tolerance, (3) learning outcomes students with higher social tolerance using cooperative learning method team games tournament techniques is higher than using cooperative learning method numbered head together techniques, (4) learning outcomes students with lower social tolerance using cooperative learning method numbered head together techniques is higher than using cooperative learning method team games tournament techniques. The results of this study illustrates that using cooperative learning method by considering the their social tolerance can increase toward ability inlearning outcomes
TM00000203 | TM 203 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain