Text
Pengaruh kemampuan komunikasi dan koneksi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD kelas IV di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan : penelitian path analysis terhadap siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh komunikasi matematis dan koneksi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SD di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah SD di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Sedangkan sampel penelitian ini adalah SDN 2 Kuningan, SDN 4 Kuningan dan SDN 17 Kuningan. Penelitian ini menggunakan metode path analysis Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes yang berbentuk essay. Hasil uji linieritas menunjukan bahwa semua nilai koefisien jalur antar variabel penelitian nilainya lebih dari ttabel dengan koefisien = 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, 1) komunikasi matematis berpengaruh langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,16; 2) koneksi matematis berpengaruh langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,72, dan 3) komunikasi matematis berpengaruh langsung terhadap koneksi matematis sebesar 0,84
The purpose of this research is to determine whether there is influence of mathematical communication and mathematical connection to the creative thinking ability of elementary students in Kuningan district. This research was conducted on fourth graders of academic year 2016/2017. Population in this research is elementary student in district Kuningan. While the sample of this research is SDN 2 Kuningan, SDN 4 Kuningan and SDN 17 Kuningan. This study uses path analysis method The instrument used in the research is a matter of essay-type test. The result of linearity test shows that all path coefficient value between research variables is more than ttable with coefficient = 0,05 so H0 is rejected and H1 accepted. Conclusion in this research that is, 1) mathematical communication have direct effect to creative thinking ability equal to 0,16; 2) mathematical connections directly affect the creative thinking ability of 0.72, and 3) mathematical communication directly affect the mathematical connection of 0.84.
TM00000204 | TM 204 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain