Text
Pengaruh metode pembelajaran dan berpikir kreatif terhadap keterampilan menulis narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia : penelitian eksperimen di kelas V SDN Delingseng Kecamatan Citangkil
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan berpikir kreatif terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 2 dengan 60 sampel. Data menggunakan analysis variance dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan menulis narasi siswa yang belajar dengan menggunakan metode concept sentence lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan metode mind mapping, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan berpikir kreatif terhadap keterampilan menulis narasi siswa, (3) untuk kelompok siswa yang berpikir kreatif tinggi dan menggunakan metode concept sentence lebih tinggi dari siswa yang menggunakan metode mind mapping, (4) untuk kelompok siswa yang berpikir kreatif rendah dan menggunakan metode mind mapping tidak lebih tinggi dari siswa yang menggunakan metode concept sentence. Uji coba selanjutnya diharapkan untuk menemukan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa yang berpikir kreatif rendah pada keterampilan menulis narasi. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru dalam proses pembelajaran menulis narasi menggunakan metode concept sentence pada siswa yang memiliki berpikir kreatif tinggi.
This study aimed to know the effect of learning methods and creative thinking on students’ narrative writing skill. The method used in research method with treatment design according to leve 2 x 2 with 60 samples. Data analysis using analysis of variance, followed by Tukey test. The result showed that: (1) narrative writing skill of students who were taught using the concept sentence method is higher than students who were taught using the mind mapping method, (2) there were an interaction effect between learning method and creative thinking on students’ narrative writing skill, (3) for group of students who has high creative thinking and using concept sentence method is higher than students using mind mapping method, (4) for group of students who has low creative thinking and using mind mapping is not higher than students using concept sentence method. Further trials are expexted to find appropriate learning method for students who were low creative thinking on narrative writing skill. Based on the result are expected to teachers in the learning process narrative writing using concept sentence method to students who has high creative thinking.
TM00000208 | TM 208 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain