Text
Peningkatan karakter peserta didik melalui modifikasi perilaku pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Tugu Utara 09 Koja Jakarta Utara
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter peserta didik kelas V SDN Tugu Utara 09 Koja Jakarta Utara, melalui modifikasi perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yakni observasi untuk data proses dengan menggunakan lembar observasi, tes awal yang dijadikan sebagai pijakan untuk menyusun rencana tindakan untuk mengimplementasikan melalui sintaks pembelajaran melalui modifikasi perilaku dalam siklus, guna meningkatkan karakter peserta didik dalam mata pelajaran Pkn. Setiap akhir siklus dievaluasi dampak dari tindakan yang telah diimplementasikan. Data yang dianalisis adalah data kualitatif, yang diperkuat dengan penilaian tes karakter peserta didik, guna membuktikan sejauh mana dampak dari tindakan yang melalui proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hal ini dibuktikan dengan presentase nilai karakter peserta didik pada siklus I yaitu 25,81 % yang tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 93,55% yang tuntas dan aktivitas pendidik dan aktivitas siswa sesuai sintaks pembelajaran ini mencapai 100% pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakter peserta didik pada kelas V SDN Tugu Utara 09 Koja Jakarta Utara meningkat dengan penerapan modifikasi perilaku.
This study aims to improve character of the learner in class V SDN North Tugu 09 Koja North Jakarta, through Behavior Modification. This research is an action using a model Kemmis dan Mc. Taggart, action research was conducted in two cycles. The research subjects learners Elementary School fifth grade. The data collection is done in several ways that observation to process data using observation sheets test consisting of preliminary test that serve as a foothold to develop an action plan to implement the syntax behavior modification in cycles, in order to improve character of the learner about civic education. Each end of the cycle is evaluated the impact of actions that have been implementation. The analyzed data is qualitative data, which is reinforced by the result of assessment test to character of the learner, in order to prove the extent of the impact of the action implemented on character of the learner. Character of the learner is observed trough a learning process and a test given at the end of each cycle. This is evidenced by presentase, the first cycle is completed, namely 25,81% increase in cycle II reached 93,55%. Activities educators and learners in accordance learning the syntax of this reached 100% in the second cycle. The results of this study indicate that the character of the learner in civic education learners V SDN North Tugu 09 Koja North Jakarta increase with the application of behavior modification.
TM00000209 | TM 209 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain