Text
Kemampuan berbicara pada anak usia dini : studi kasus terhadap anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay) di Pusat Tumbuh Kembang Ramaniya Jakarta 2017
Tujuan penelitian ini (1) Faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan bicara (speech delay) pada anak usia dini (2) Perkembangan bahasa pada anak usia dini di dua tahun pertama sebelum terapi bicara (3) Penanganan yang diberikan oleh Pusat Tumbuh Kembang Ramaniya, Jakarta bekerjasama dengan orang tua terhadap anak usia dini yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay)? (4) Dampak dari terapi bicara yang dilakukan oleh Pusat Tumbuh Kembang Ramaniya, Jakarta bekerjasama dengan orang tua terhadap anak usia dini yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penelitian menemukan bahwa Faktor yang menyebabkan keterlambatan bicara adalah faktor genetis dan lemahnya rahang Alif. Perkembangan bahasa pada dua tahun pertama tidak mengalami kendala dalam hal pragmatis. Penanganan yang diberikan meliputi terapi sensori integrasi dan terpi wicara dengan menitikberatkan kerjasama antara psikolog dengan orang tua, frekuensi yang cukup banyak dan adaptasi anak terhadap terapis. Dampak yang diperlihatkan Alif cukup signifikan sampai dia mampu bercerita, menyatakan kemauan dan idenya. Kata kunci: Kemampuan berbicara pada anak usia dini, keterlambatan bicara, terapi sensori integrasi dan terapi wicara
The purposes of this research are (1) Factors influnced speech delay to early childhood (2) Language development to early childhood in the first second years (3) Intervention given by Pusat Tumbuh Kembang Anak Ramaniya together with parents to early childhood (4) Effects from speech therapy done by Pusat Tumbuh Kembang Anak Ramaniya together with parents to early childhood who experienced speech delay. Methode: This research used case study. Result: this research found that factors affectedspeech delay are genetical and weak jaw. Intervention given includes sensory integation therapy and speech therapy focusing on cooperation among psychologist and parents, significant frequency, and child’s adaptation to terapist. Implication shown by Alif is quite significant until he is able to tell a story, expressing his wants and ideas. Keywords: Speaking skills in childhood, speech delay, sensory integration therapy, and speech therapy
TM00002457 | TM 2457 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain