Text
Peningkatan pemahaman tentang konsep bilangan melalui bermain etnomatematika : penelitian tindakan di Kelompok BII TKK Santa Clara Ruteng tahun 2016/2017
The purposes of this research are to describes the process and the results of the use of the ethnomathematics play in improving the number sense of childrens in groups BII TKK Santa Clara Ruteng in 2017. Respondents of the research involved of 21 children from groups BII at TKK Santa Clara Ruteng in 2017. The research method used is spiral action research model Kemmis & Taggart are consisting of: (a) planning, (b) actions and observations, and (c) reflections. The instruments used in this research was observations, interviews, and documentation. The score of data from children‟s number sense were analyzed be using quantitative and qualitative approach. The results shows that the childre‟s number sense cycles have increased. Based on the data results, in the first cycle, it shows that children‟s number sense has increased about 15,08%. When pre cycle children‟s number sense has significantly 59.36% and on first cycle became 74.44%. The mean score in second cycle has increased about 25.55% and receive score of 84.91%. The conclusions of this study are (1) the process of play ethnomathematics can improve the number sense in groups BII TKK Santa Clara Ruteng in 2017, (2) number sense score on the child groups BII TKK Santa Clara Ruteng in 2017 increased from pre cycle to first cycle and second cycle.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses dan hasil penggunaan bermain etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman tentang konsep bilangan pada anak kelompok BII TKK Santa Clara Ruteng tahun 2017. Responden dalam penelitian adalah 21 orang anak dari kelompok BII TKK Santa Clara Ruteng tahun 2017. Metode Penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan spiral Kemmis & Taggart yang terdiri dari: (a) perencanaan, (b) tindakan dan observasi, dan (c) refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Skor data pemahaman tentang konsep bilangan pada anak dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil data tersebut menunjukkan bahwa pemahaman tentang konsep bilangan pada anak meningkat dari prasiklus ke siklus I dan II. Berdasarkan hasil pengamatan tindakan yang telah dilakukan terhadap responden diperoleh data bahwa pada pra tindakan diperoleh rata-rata kelas sebesar 59,36% dan pada tindakan siklus I menjadi 74,44% lalu mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata skor sebesar 84,91%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) proses bermain etnomatematika dapat meningkatkan pemahaman tentang konsep bilangan pada anak kelompok BII TKK Santa Clara Ruteng tahun 2017, (2) skor pemahaman tentang konsep bilangan pada anak kelompok BII TKK Santa Clara Ruteng tahun 2017 meningkat dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Kata kunci: pemahaman tentang konsep bilangan, bermain etnomatematika, anak usia 5-6 tahun
TM00002459 | TM 2459 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain