Text
Model belajar keterampilan gerak dasar renang gaya bebas (Heru) pada anak usia 4-8 tahun
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran keterampilan gerak dasar renang gaya bebas yang sesuai dengan karakteristik anak usia 4 – 8 tahun. Selain itu, penelitian dan pengembangan dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan dan penerapan model belajar keterampilan gerak dasar renang dan mengetahui efektivitas, efisiensi model yang dibuat. Model belajar keterampilan gerak dasar renang gaya bebas dikembangkan dalam bentuk model permainan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah anak usia 4-8 tahun yang berasal dari Klub Renang Indonesia Star Aquatic, Bina Taruna, dan Meteor Lintas Aquatic. Uji efektifitas model melibatkan 60 sampel anak usia 4-8 tahun yang merupakan murid kelas basic. Uji efektifitas dilakukan dengan metode peneltian eksperimen one group pre test – post test design. Hasil uji efektifitas diperoleh mean skor pre test sebesar 39,84 dan dari hasil total skor post test diperoleh rata-rata sebesar 56,76. Analisis data dengan mengunakan uji t dengan taraf signifikansi α = 0,05 di peroleh hasil (1) 0.00 < 0.05 pada penguasaan teknik gerakan tungkai (2) 0.00 < 0.05 pada penguasaan pengambilan nafas (3) 0.00 < 0.05 pada penguasaan teknik gerakan lengan (4) 0.00 < 0.05 pada penguasaan Teknik kordinasi (5) 0.00 < 0.05 untuk keseluruhan efektifitas model. Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa model belajar keterampilan gerak dasar renang gaya bebas dapat dijadikan model belajar yang efektif untuk anak usia 4 – 8 tahun. Kata kunci: Model Belajar, Renang, Belajar, Gaya Bebas, Permainan
The aim of this research is to develop a model of freestyle swimming basic motor skill learning model that can be used and suitable as a model of swimming learning for children aged 4 - 8 years. This research is also conducted to obtain indepth information about the development and application of swimming learning models and to know the effectiveness, efficiency of the models made. This research using Research & Development (R & D) development methods from Borg and Gall. Subjects in this research and development are children with age ranged 4-8 years old. Subjects for the effectiveness test are 60 children aged who participating swimming club of East Jakarta. Effectiveness test used one group pre test - Post test design. From the result of observation data of freestyle swimming skill mastery, the mean score of pre test is 39.84 and from the total post test score is obtained an average of 56.76 data analysis using t test with significance level α = 0,05 in yield ( 1) 0.00
TM00000232 | TM 232 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain