Text
Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika dan kemandirian belajar peserta didik
Bibliografi : lembar 103-106
Tujuan dari penelitian ini yang adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM) dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemandirian Belajar Peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar dikelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang dan SMP Muhammadiyah 44 Pamulang pada tahun pelajaran 2016/2017 semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan posttest-only control design dan design treatment by level 2x2. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes uraian dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diberi model pembelajaran PBL lebih tinggi dari peserta didik yang diberi model pembelajaran langsung; (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dengan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan KAM tinggi yang diberikan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari peserta didik yang diberikan model pembelajaran langsung; (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan KAM rendah antara yang diberi model pembelajaran PBL dan peserta didik yang diberi model pembelajaran langsung; (5) Kemandirian belajar peserta didik yang diberi model pembelajaran PBL lebih tinggi dari peserta didik yang diberi model pembelajaran langsung.
The purpose of this research are to knowing the effect of Problem Based Learning (PBL) model to problem solving abilities in mathematics that revewed from prior knowledge in mathematics and to knowing the effect of Problem Based Learning (PBL) model to self regulated learning students for subject geometry flat sides in grade VIII. The research was conducted at SMP Muhammadiyah 22 of Pamulang and SMP Muhammadiyah 44 of Pamulang for academic year 2016/2017 even semester. The method that used on this research was quasi experiment with posttest only control design and design treatment by level 2x2. The data were collected through test and questionnaire. The result showed that: (1) The ability of mathematics problem solving of students who are given PBL models is higher than students who are given direct learning models; (2) There is an interaction between PBL learning model with KAM on mathematical problem solving ability; (3) The ability of mathematical problem solving of students with high KAM who are given PBL model is higher than the students who are given direct learning model; (4) There is no significant difference The ability of mathematical problem solving between students with low KAM who are given PBL model and students who are given direct learning model; (5) The self regulated learning of students who are given PBL model is higher than students who are given direct learning model.
TM00000229 | TM 229 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain