Text
Evaluasi program Adiwiyata Mandiri di SMAN 4 Pandeglang
This study aims to obtain information comprehensively about the implementation of the Adiwiyata Mandiri program at SMAN 4 Pandeglang. The model used in this research is CIPPO model. The research method used qualitative method which combined with quantitative approach. Components of the focus of this research are the context, consisting of: (1) government policy on the implementation, the objectives, and the objectives of the program implementation, (2) input, consist of readiness of adiwiyata school resources ie teachers and curriculum, (3) Process, consisting of the implementation of educational program, the activity of learning process and the habituation of adiwiyata, (4) product, consisting of improvement of management quality and utilization of environmentally friendly infrastructure, and attitude change during learning at adiwiyata school, and (5) Outcome , Which is the impact that occurred after the enactment of the adiwiyata Mandiri Program at SMAN 4 pandeglang. The steps of the research begin by making evaluation criteria, the next step to make research instrument, make instrument grille, data collection, data analysis and conclusion. Test Instrument validity using expert validation, and reliability test. Data collection techniques, using observastion technique, interviews, documentation studies, and questionnaires. The result of the research shows that Context Competent is in very good criteria with 100% evaluation rate, 85,71% input component is very good, 100% process component is very good, 75% product component is good enough, and 82,19% outcome is very good. Keywords: Evaluation of Program, CIPPO, Adiwiyata Mandiri
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara komprehensif tentang pelaksanaan program adiwiyata mandiri di SMAN 4 Pandeglang. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model CIPP. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang di padukan dengan pendekatan kuantitatif. Komponen- Komponen yang menjadi focus penelitian ini yaitu context, terdiri dari: (1) kebijakan pemerintah mengenai penyelenggaraan, yaitu tujuan, dan sasaran pelaksanaan program, (2) input, terdiri dari kesiapan sumber daya sekolah adiwiyata yaitu guru dan kurikulum, (3) process, terdiri dari pelaksanaan program pendidikan, aktifitas pelaksanaan proses pembelajaran dan pembiasaan pada adiwiyata, (4) product, terdiri dari peningkatan kualitas pengelolaan dan pemanfaatan sarana prasarana yang ramah lingkungan, dan perubahan sikap selama mengikuti pembelajaran di sekolah adiwiyata, dan (5) Outcome, yaitu berupa dampak yang terjadi setelah diberlakukannya program adiwiyata di SMAN 4 pandeglang. Langkah-langkah penelitian diawali dengan membuat kriteria evaluasi, tahap selanjutnya membuat instrument penelitian, membuat kisikisi instrument, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Uji Validitas instrumen menggunakan validasi pakar, dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompnen Context berada pada kriteri sangat baik dengan angka evaluasi 100%, komponen input 82,71% sangat baik, komponen process 100 % sangat baik, komponen product 75 % cukup baik, dan komponen outcome 82,19 % sangat baik. Kata kunci: Evaluasi Program, CIPPO, Adiwiyata Mandiri
TM00002477 | TM 2477 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain