Text
Pengaruh model ARCS dan penilaian kinerjaterhadap pemahaman matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model ARCS dan penilaian kinerja terhadap pemahaman matematika siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Toboali. Variabel terikat berupa pemahaman matematika, dan variabel bebas terdiri dari model pembelajaran dibedakan menjadi ARCS dan konvensional, serta teknik penilaian dibedakan menjadi kinerja dan tes tertulis. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman matematika siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman matematika siswa yang menggunakan model ARCS akan lebih efektif jika diberikan penilaian kinerja, dan pemahaman matematika siswa yang menggunakan model konvensional akan lebih efektif jika diberikan penilaian tes tertulis.
This study aims to determine the effect of ARCS model and performance appraisal on students' mathematical understanding. The sample in this research is VII students of SMP Negeri 2 Toboali. The dependent variable is a mathematical understanding, and the independent variables consist of the differentiated learning models being ARCS and conventional, and the assessment techniques are differentiated into performance and written tests. The instrument used is the students' mathematical comprehension test. The method used is quasi experimental method with 2x2 factorial design. The results of this study indicate that students 'mathematical understanding using the ARCS model will be more effective if given a performance assessment, and students' mathematical understanding using conventional models will be more effective if given a written test assessment.
TM00002478 | TM 2478 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain