Text
Pengaruh penerapan model reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-concepts siswa di SMAN Kecamatan Tambun Selatan Bekasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-concept siswa. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan self-concept siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Tambun Selatan sebagai sekolah eksperimen dan di SMAN 4 Tambun Selatan sebagai sekolah kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian diperoleh dari masing-masing sekolah dan dibagi berdasarkan self-concept siswa. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi tes angket self-concept siswa untuk membagi kelompok siswa serta tes akhir kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Disamping itu, terdapat interaksi antara pembelajaran yang diberikan dengan self-concept siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil lain yang diperoleh adalah bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki self-concept positif.
This study aims to determine the effect of the application of Reciprocal Teaching model in improving students' mathematical communication abilities reviewed from student’s self-concept. Another purpose is to know the interaction effect of learning model and student’s self-concept to student's mathematical communication ability. The research was conducted at SMAN 3 Tambun Selatan as an experimental school and at SMAN 4 Tambun Selatan as a control school. The research method used is quasi experiment. Research samples were obtained from each school and divided according to student’s self-concept. Data collection techniques that were carried out included self-concept questionnaire test to divide student groups as well as final test of student's mathematical communication skills. The results of this study indicate that student's mathematical communication skills given Reciprocal Teaching lessons are higher than students who have received conventional learning. In addition, there is an interaction effect of learning model and student’s self-concept to improve student's mathematical communication skills. Another result obtained is that student's mathematical communication skills given Reciprocal Teaching lessons are higher than those given conventional learning in groups of students who have positive self-concept.
TM00002487 | TM 2487 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain